RAPAT DOSEN STAI AN-NAWAWI PURWOREJO

RAPAT DOSEN STAI AN-NAWAWI PURWOREJO

SEMESTER GASAL TA 2019/2020

Acara rapat dosen untuk tahun akademik semester gasal 2019/2020 dilaksanakan hari ini Sabtu, 24 Agustus 2019 diawali dengan bacaan ummul kitab (al-Fatihah). Acara dilanjutakan dengan sambutan atas nama ketua STAI An-Nawawi yang diwakili oleh Waket III bid. Kemahasiswaan (Akhmad Muhaini, SHI, MSI), beliau menyampaikan bahwa tugas dosen ada tiga; mengajar, meneliti dan mengabdi. Komponan tiga ini harus dilaksanakan oleh dosen. Beliau juga memaparkan Kalender Akademik Tahun 2019/2020. Untuk aktif kuliah akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2019. Dimohon untuk semua dosen untuk menyiapkan bahan atau materi ajar khususnya adalah RPS (Rencana Perkuliahan Semester).

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Pengelola Rumah Jurnal STAI An-Nawawi Purworejo yang disampaikan oleh Adi WIbowo, M.Pd. beliau menerangkan untuk diera sekarang bahwa publikasi ilmiah tidak hanya cetak tapi juga digital atau dipublis secara online. Publikasi ini juga harus terintegrasi dengan Sinta. Untuk bisa masuk ke sinta masing-masing dosen harus memiliki account google scollar. Untuk kedepan semua dosen dijadwal untuk menulis artikel yang dimasukan jurnal. Ada beberapa tahapan publikasi artikel ilmiah; 1) riset berkualitas, 2) tulis manuskrip, 3) kenali jurnal lewat laman & GFA, 4) bahasa dan proof reading, 5) periksa plagiasi, 6) unggah manuskrip, 7) respon telaah dan 8) terbit. Sebaiknya untuk hasil riset atau penelitian dipublikasikan di jurnal yang terakreditasi, sebab sebaik apapun artikel/penelitian ketika tidak dimasukan jurnal terakreditasi maka nilainya kecil. Jangan sampai artikel satu dimasukan beberapa jurnal sebab nanti terdeteksi dan nama pemilik materi bisa diblacklist.

Acara dilanjutkan dengan ramah-tamah untuk perkenalan pada semua dosen khususnya dosen baru yang gabung dengan STAI An-Nawawi.

Acara inti yaitu penyampaian jadwal oleh masing-masing prodi diawali prodi Hukum Ekonomi Syariah oleh Muhajir, SHI, MSI. (Kaprodi) didampingi oleh Sekprodi Ahmad Nur  sobah, MSI, kemudian Prodi Perbankan Syariah oleh Miftahur Rahman, SHI, MSI (Kaprodi) didampingi Fathudin, SHI, MSI (Sekprodi), kemudian prodi Ahwal al-Syakhsiyyah oleh H. M. Mustahal, Lc, MIS (Kaprodi) didampingi Fitrotul khasanah, Lc, MH (Sekprodi) diakhiri prodi Manajemen Pendidikan Islam oleh Muhlil Musolin, SHI, MSI (Kaprodi) didampingi Ida Faridah, M.Pd (Sekprodi).  Untuk kewajiban dosen mengajar adalah 14 kali pertemuan. Penyampaian visi dan misi pada pertemuan pertama. Ketepatan masuk jam kuliah perlu diperhatikan. Wadah penelitian jurnal An-Nawa dan at-Tarbiyat silahkan digunakan sebaik mungkin bagi dosen-dosen yang memiliki artikel/penelitian. Dosen juga diarahkan jangan hanya di jurnal yang ada di STAI An-Nawai. Untuk buku ajar/Daras silahkan dibuat agar mahasiswa mudah untuk mengikuti materi yang disampaikan dosen. Pertemuan ilmiah worshop/seminar nasional dan internasional silahkan untuk mengikuti.

Acara rapat diakhiri dengan do’a oleh KH. Abdul Jalil, S.Pd.I

Last Updated on Sunday, 25 August 2019 01:20  
Indonesian Arabic English


Banner
Banner
Banner
Banner
Banner