Sejarah Singkat

 

Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi atau kemudian dikenal dengan STAI AN-­NAWAWI (STAIAN) Purworejo, adalah sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam yang didirikan oleh Yayasan Pengembangan Pondok Pesantren Roudlotut Thullab, sebagai jawaban insan pesantren terhadap tuntutan masyarakat, akan hadirnya sebuah institusi pendidikan tinggi Islam yang mengedepankan akhlaqul karimah dan keseimbangan lahiriyah dan batiniyah.

Pendirian STAI An-Nawawi disandarkan kepada cita-cita luhur al-Marhum al-Maghfurlah K.H. Nawawi beberapa tahun menjelang wafatnya. Pada sekitar tahun 1979, beliau menghendaki dibukanya Fakultas Syariah sebagai ajang pengkaderan hakim-hakim agama. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, maka dimulailah persiapan serius dengan menyiapkan sarana prasarana perkuliahan dengan dibangunnya satu unit gedung yang saat ini dipergunakan sebagai lokasi penyelenggaraan Madrasah Banin. Langkah ini sempat terhenti dan kembali menguat pada tahun 1992, saat kepemimpinan pondok pesantren dilanjutkan putranya, K.H. Achmad Chalwani, dengan mempersiapkan meubelair perkuliahan.

Keinginan itu terwujud pada tahun 2001 dengan disusunnya suatu kepanitiaan yang diketuai langsung oleh putra al-Marhum dan disahkan dalam Surat Keputusan Yayasan Nomor 036/SK.Yaspendo/5/2001 tanggal 31 Mei 2001, dengan susunan lengkap kepanitiaan sebagai berikut:

Ketua/Pendiri : KH. Achmad Chalwani
Sekretaris : Sahlan, S.Ag.
Anggota : Drs. H. Mahsun Zain
Drs. H. Nachrowi Arief
Drs. Miswadi
Ibnu Aqqil AK

Dengan demikian, maka tanggal 31 Mei 2001 M/8 Rabi'ul Awwal 1422 H kemudian secara resmi ditetapkan sebagai tanggal berdirinya STAI An-Nawawi Purworejo.

Usaha serius K.H. Achmad Chalwani dalam mewujudkan amanah ayahandanyabelangsung lancar, terbukti dengan turunnya Surat Keputusan Kopertais Wil. X Jawa Tengah Nomor 05 Tahun 2001 tanggal 8 September 2001 tentang Pemberian Ijin Operasional Program Strata Satu (S.1) Jurusan Mu'amalah (Syari'ah) dan Jurusan Aqidah Filsafat (Ushuluddin) Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi Purworejo. SK Kopertais ini kemudian dikukuhkan dengan  SK Dirjen Bagais Nomor DJ.11/12/2003 tanggal 11 Pebruari 2003, tentang Pemberian Ijin Pendirian dan Penyelenggaraan Pendidikan Program Strata Satu (S1) Prodi Muamalah Jurusan Syariah dan Prodi Aqidah Filsafat Jurusan Ushuluddin, dan diperpanjang dengan turunnya SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor Dj.I/35/2008 tanggal 30 Januari 2008 tentang Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Program Studi pada Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi Purworejo.

Pada tahun 2009, dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan, STAI An-Nawawi Purworejo mengajukan permohonan akreditasi Program Studi Muamalah kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan mendapatkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor  004/BAN-PT/Ak-XII/S1/IV/2012 tentang Status, Peringkat, dan Hasil Akreditasi Program Sarjana di Perguruan Tinggi dengan Nilai " B "

 
Indonesian Arabic English


Banner
Banner
Banner
Banner
Banner