Seminar dan Lokakarya

Seminar dan Lokakarya Peningkatan Mutu Program Studi Menejemen pendidikan Islam

Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi (STAIAN) Purworejo , Selasa – Kamis, 24 - 26 April 2018 bertempat di Yogyakarta,Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STAI An-Nawawi Purworejo Mengikuti kegiatan Seminar dan Lokakarya Nasional Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI) “Peningkatan Mutu Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Berdaya Saing” yang dihadiri langsung oleh Kaprodi MPI Miftahur Rahman, SHI, MSI dan Sekprodi MPI Ida Farida, M.Pd,

Dengan usianya yang masih relatif muda, program studi MPI harus terus melakukan penguatan dan penataan baik internal prodi di setiap lembaga PTKI, maupun eksternal-kelembagaan melalui kerjasama antarprogram studi melalui asosiasi atau perkumpulan, agar persoalan-persoalan kelembagaan dapat terselesaikan secara efektif dan efisien.

Persoalan yang dihadapi oleh program studi Manajemen Pendidikan Islam diantaranya adalah tuntutan kurikulum Perguruan Tinggi Agama Islam harus disesuaikan dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Sebagaimana dalam Peraturan Presiden No 8 Tahun 2012 tentang KKNI, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI. Dengan kurang terstandarnya standar pengelolaan prodi MPI tersebut maka berdampak pada standardisasi mutu yang dimiliki oleh Prodi MPI.

 

 

Berdasarkan pada hal tersebut di atas maka diperlukan adanya koordinasi antar jurusan MPI se-Indonesia. Pertemuan yang diwadahi oleh Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI) diharapkan dapat menjadi forum perumusan dan penyelesaian berbagai persoalan yang dihadapi oleh prodi MPI se-Indonesia.

Rangkaian kegiatan dalam Seminar dan Lokakarya ini adalah sebagai berikut:

1. Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM).

Hasil dari kegiatan konferensi ini adalah desiminasi dan publikasi karya dosen MPI dalam bentuk prosiding dan Jurnal

2. Workshop Peningkatan Mutu Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Berdaya Saing

3. MoU antar prodi MPI anggota PPMPI

Last Updated on Monday, 30 April 2018 06:10  
Indonesian Arabic English


Banner
Banner
Banner
Banner
Banner