Kegiatan BIMTEK Dalam Rangka Peningkatan Perguruan Tinggi

Kegiatan BIMTEK Dalam Rangka Peningkatan Perguruan Tinggi,

di The Atrium Hotel and Resort - Yogyakarta Rabu-Jum’at/ 28-30 Maret 20

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi (STAIAN) Purworejo, Rabu-Jum’at/ 28-30 Maret 2018, bertempat di The Atrium Hotel and Resort Yogyakarta, melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Bantuan Percepatan Akreditasi Program Studi PTKI Dalam rangka peningkatan perguruan tinggi, yang dilaksanakan oleh Direktorat  Jenderal  Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Diktis Kemenag RI, STAI An-Nawawi Purworejo terpilih menjadi salah satu peserta/delegasi dari 73 PTKI se Indonesia yang mengikuti kegiatan tersebut, peserta dari STAI An-Nawawi Purworejo diwakili oleh Miftahur Rahman, SHI, MSI. selaku Kaprodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Ada beberapa hal yang di bahas dalam pertemuan yaitu 1) Sosialisasi Standar Keagamaan Perguruan Tinggi Islam yang disampaikan oleh  Dr. Mamat Slamet Burhanudin  (Kasubdit Pengembangan Prodi DIKTIS), 2) Pembahasan dan Sosialisasi PMA tahun 2017 tentang perubahan atas PMA 33 tahun 2016 tentang gelar akademik Perguruan Tinggi Keagamaan yang disampaikan oleh Prof. Tib Raya, 3) Kiat dan Saran dalam Mengelola  mutu prodi di lingkungan PTKI dan Dr. Asep Saifudin Jahar,  4) Manajemen Pengelolaan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online oleh Prof Dr. KH. Ahmad Mujahidin  dan materi terakhir yaitu Prosedur pelayanan terpadu satu pintu (pengajuan prodi baru dan penyetaraan ijazah luar negeri oleh Akrom Abdillah, S.Kom.

Program bantuan akreditasi program studi adalah program pemberian bantuan dana yang disediakan Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI untuk meningkatkan akreditasi program studi. Amanat undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menuntut bahwa setiap program studi harus memenuhi standar, yang dalam hal ini diterjemahkan mendapat akreditasi.

Sasaran program ini adalah pelaksanaan penyiapan akreditasi program studi bagi program studi yang belum mengajukan akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) atau program studi yang sudah atau mendekati kadaluwarsa, Target dari program ini adalah pengelola program studi dapat mengajukan dan mengisi perangkat-perangkat atau borang akreditasi dengan benar sesuai prosedur, kaidah dan ketentuan yang berlaku.

Dengan diadakannya BIMTEK ini diharapkan semua prodi di PTKI bisa memenuhi standar mutu Pendidikan Tinggi, sehingga memperoleh peringkat akreditasi A taua B. Untuk bisa mendapatkan hasil maksimal PTKI diharpakan membuat Peta Jalan Percepatan Akreditasi.
Harapannya  lain dari kegiatan ini PTKI dapat meningkatkan akreditasi, memiliki daya saing, SDM yang kompeten, fasilitas yang memadai, tingkat MOU nasional dan internasional serta memiliki prodi yang membawa kearifan lokal masing masing daerah.

Last Updated on Sunday, 01 April 2018 02:29  
Indonesian Arabic English


Banner
Banner
Banner
Banner
Banner